RSS Feed

blok 1: Up 4

Posted on

Tugas Individu

Unit Pembelajaran 4

Istilah Medis Veteriner

oleh:

Kurnia Yuliatin

11/312608/KH/07045

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA

YOGYAKARTA

2011

 

Learning Objektive

  1. Apa saja bidang-bidang ilmu veteriner?
  2. Jelaskan perbedaan istilah veteriner dalam ilmu preklinik dan klinik?
  3. Apa yang dimaksud dengan vistulae, medis, extremitas cranialis?
  4. Bagaimana cara mendiagnosis fraktur pada hewan?

PEMBAHASAN

 

  1. Apa saja bidang-bidang ilmu veteriner?

Bidang ilmu Preklinik

 

a) Patologi

Patologi (Indonesia); asal kata: pathologia (Yunani), pathos: penyakit, logos: ilmu; patologi: ilmu tentang penyakit. Patologi adalah ilmu kedokteran yang mempelajari sifat esensial penyakit, khususnya perubahan struktural dan fungsional pada jaringan dan organ tubuh yang menyebabkan dan disebabkan penyakit (Dorland. 2002).  Patologi dibagi menjadi dua bagian:
•Patologi umum: mempelajari reaksi dasar dari sel atau jaringan terhadap penyakit.
•Patologi sistemik (khusus): mempelajari reaksi khusus dari berbagai sel, jaringan atau organ dalam suatu sistema tertentu terhadap penyakit.

 

b)Patologi Klinik

Patologi Klinik adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit yang diterapkan pada pemecahan problem klinis khususnya penggunaan metode laboratorium dalam diagnosa klinis (Dorland. 2002)

 

c)Parasitologi

Parasitologi adalah ilmu pengetahuan atau studi tentang parasit dan parasitisme (Dorland. 2002). Parasitologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang menguraikan hal ikhwal parasit

(Levine,1994)

d)Farmakologi
Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang obat dengan segala aspeknya (sifat kimiawi, fisika, fisiologi, resorbsi hingga “nasib” obat dalam tubuh).


e)Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penelitian mikro organisme, termasuk kesehatan masyarakat veteriner, alga, bakteri, protozoa dan fungi (Dorland, 2002).

f)Imunologi
Imunologi adalah ilmu biomedis yang mencakup kajian mengenai semua aspek sistem imun (kekebalan) pada organisme. Imunologi antara lain mempelajari peranan fisiologis sistem imun baik dalam keadaan sehat maupun sakit.
g)Diagnosis Fisik

Pemeriksaan fisik atau pemeriksaan klinis adalah sebuah proses dari seorang ahli medis memeriksa tubuh pasien untuk menemukan tanda klinis penyakit. Hasil pemeriksaan akan dicatat dalam rekam medis. Rekam medis dan pemeriksaan fisik akan membantu dalam penegakkan diagnosis dan perencanaan perawatan pasien.

Bidang ilmu Klinik

a) Ilmu Bedah dan Radiologi

Ilmu yang mempelajari tentang bedah (ilmu spesialisasi dalam kedokteran yang mengobati penyakit atau luka dengan operasi manual dan instrument)

Radiologi adalah ilmu kedokteran untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Pada awalnya frekuensi yang dipakai berbentuk sinar-x (x-ray) namun kemajuan teknologi modern memakai pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti ultrasonography (USG) dan juga MRI (magnetic resonance imaging).

b) Ilmu penyakit dalam                                                                                                       Ilmu penyakit dalam adalah spesialisasi kedokteran yang menangani diagnosis dan penanganan organ dalam tanpa bedah pada pasien.

c)Farmakologi Klinik                                                                                               Farmakologi Klinik adalah ilmu yang mempelajari asal, sifat, kimia, efek dan penggunaan obat (Dorland. 2002). Pengetahuan khusus tentang interaksi obat dengan tubuh manusia disebut Farmakologi Klinis (Ahyari, Jimmy. 2009).

d) Ilmu Obsentrik dan Ginekologi                                                                                    Secara bahasa, kata “Obstetri “ (berasal dari bahasa Latin “obstare”, yang berarti “siap siaga/ to stand by”) adalah spesialisasi pembedahan yang menangani pelayanan kesehatan wanita selama masa kehamilan dan  persalinan. Sedangkan pengertian “Kebidanan” adalah pelayanan yang sama namun bukan merupakan tindakan yang berkaitan dengan pembedahan.

e) Kesmavet dan Epidemi Klinik /Veterinary Public Health (VPH)                        Kesmavet (VPH) didefinisikan sebagai seluruh usaha masyarakat yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh seni dan ilmu kedokteran hewan yang diterapkan untuk mencegah penyakit, melindungi kehidupan, dan mempromosikan kesejahteraan dan efisiensi manusia.(World Health Organization /WHO dan Food Agriculture Organization /FAO pada laporan the Joint WHO/FAO Expert Group on Zoonoses pada tahun 1951).

Kesmavet adalah istilah yang mengarah kepada bidang kesehatan masyarakat yang mana kedokteran hewan berkontribusi secara khusus. (Menurut Schwabe tahun 1984),

Kesmavet didefinisikan sebagai suatu komponen aktivitas kesehatan masyarakat yang mengarah kepada penerapan keterampilan, pengetahuan dan sumberdaya profesi kedokteran hewan untuk perlindungan dan perbaikan kesehatan masyarakat. (Definisi Kesmavet dimodifikasi oleh WHO/FAO pada tahun 1975)

Kesmavet didefinisikan sebagai kontribusi terhadap kesejahteraan fisik, mental dan sosial melalui pemahaman dan penerapan ilmu kedokteran hewan. (WHO, FAO, OIE dan WHO/FAO Coloborating for Research and Training in Veterinary Epidemiology and Management mengusulkan definisi kesmavet dikaitkan dengan definisi sehat menurut WHO, yahun 1999)

Definisi Kesmavet dalam UU adalah segala urusan yang berhubungan dengan hewan dan bahan-bahan yang berasal dari hewan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kesehatan manusia. (Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1967 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Peternakan dan Kesehatan Hewan)..

Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi, frekuensi dan determinan suatu penyakit atau masalah kesehatan pada populasi manusia. (Anonim. 2009).

f)Reproduksi
Ilmu yang mempelajari perkembangbiakan hewan.

Di Fakultas Kedokteran Hewan UGM ada 12 bagian, yaitu

  • Anatomi adalah ilmu yang mempelajari susunan tubuh dan bentuk tubuh
  • Patologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit
  • Patologi Klinik adalah ilmu yang mempelajari kelainan yang terjadi pada berbagai fungsi organ atau sistem organ
  • Parasitologi ilmu yang mempelajari penyakit-penyakit yang disebabkan parasit
  • Mikrobiologi ilmu yang mempelajari penyakit-penyakit yang disebabkan mikroba
  • Kesehatan Masyarakat Veteriner adalah segala urusan yang berhubungan dengan hewan dan bahan-bahan yang berasal dari hewan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kesehatan manusia. ( Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1967 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Peternakan dan Kesehatan Hewan)
  • Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari faal (fungsi) bagian dari alat atau jaringan tubuh
  • Biokimia adalah ilmu yang mempelajari proses-proses kimia yang terjadi dalam tubuh
  • Farmakologi lmu yang mempelajari obat-obatan, interaksi dan efeknya terhadap tubuh
  • Ilmu penyakit dalam adalah ilmu yang berpusat pada masalah penyakit sistemik terutama pada pasien dewasa seperti masalah penyakit yang dapat merusak seluruh tubuh.
  • Ilmu Bedah dan radiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bedah (ilmu spesialisasi dalam kedokteran yang mengobati penyakit atau luka dengan operasi manual dan instrument) dan radiologi adalah ilmu yang menginterpretasikan pencitraan medis dari berbagai media seperti sinar X
  • Reproduksi dan kebidanan adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangbiakan hewan dan kebidanan adalah pelayanan kesehatan betina selama masa kehamilan, persalinan namun bukan merupakan tindakan yang berkaitan dengan pembedahan.

 

  1. Jelaskan perbedaan istilah veteriner dalam ilmu preklinik dan klinik?

Klinik : Rumah sakit atau lembaga kesehatan tempat orang berobat dan memperoleh advis medis serta tempat mahasiswa kedokteran melakukan pengamatan thd kasus penyakit yg diderita para pasien

 

  • Ilmu Preklinik adalah suatu ilmu pengetahuan yang meliputi dasar-dasar dari, cara berpikir dan penerapan dari pelaksanaan ilmu-ilmu klinik yang meliputi medis, bedah, kesehatan masyarakat, penyakit hewan serta prakteknya.  (ilmu klinik itu sendiri)
  • Ilmu klinik adalah kemampuan, cara berpikir dan penerapan dari pelaksanaan ilmu-ilmu klinik yang meliputi medis, bedah, kesehatan masyarakat, penyakit hewan serta praktek klinik.

 

 

  1. Apa yang dimaksud dengan vistulae, medis, ekstremitas cranialis?

Vistulae                 : Kelainan pada kulit karena luka, menyebabkan benjolan atau kantong nanah.

Medis                     : salah satu ilmu kesehatan yang mengupayakan perawatan kesehatan beserta upaya-upayanya untuk menyembuhkan penyakit. (Arti kamus)

Medis adalah suatu keahlian khusus kedokteran dalam melakukan upaya-upaya kesehatan yang diperoleh melalui pendidikan kedokteran. (Wiwiek soebagja)

Ekstremitas cranialis : alat gerak bagian depan/ kaki depan bila pada cempe bligon (di skenario). Istilah itu berasal dari  ectremitas: alat gerak , cranialis : yang mengarah ke depan

 

  1. Bagaimana cara mendiagnosa fraktur pada hewan ?

 

Penanganan fraktur menggunakan konsep 4 R yaitu rekognisi (mencari lokasi fraktur), reduksi/ reposisi (mengembalikan posisi awal), retensi (memilih tindakan) dan rehabilitasi (tindakan dengan maksud agar bagian yang menderita fraktur tersebut dapat kembali normal).

Cara mendiagnosa fraktura pada hewan adalah rekognisi atau pengenalan dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Anamnesa : Mengetahui bagaimana sebab musababnya, misalnnya bagaimana terjadinya.
  • Inspeksi           : Menentukan ada tidaknya kepincangan, pembekakan, perubahan warna dan pucat. (Perhatian ditujukan pada anggota gerak)
  • Pergerakan      : Dengan memperhatikan ada tidaknya gerakan palsu/ gerakan pasif. Pada patah tulang biasanya terjadi fungsiolaesa (gangguan fungsi) pada yang menderita. Terutama pada anggota gerak (ekstremitas) terlihat adanya gerakan pasif/gerakan yang tidak wajar.
  • Pengukuran     : Dilakukan dengan cara melihat apakah kaki tampak simetris atau ada pemendekan dibandingkan dengan bagian yang sehat.
  • Palpasi             : Suatu metode pemeriksaan di mana penguji dapat merasakan ukuran, kekuatan, atau letak sesuatu (Mendengarkan ada tidaknya krepitasi/suara kretak-kretak yang biasanya menunjukkan kerusakan).
  • Rontgen          : Dengan cara pemotretan dengan sinar X maka akan mendapatkan gambaran kedudukan ujung tulang yang patah secara detail sehingga dapat membantu dalam menentukan langkah selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA

 

Budi. 2000. Ilmu Bedah Khusus Patah Tulang dan Radiologi. Yogyakarta

Dorland, W.A Newman. 2002. Kamus Kedokteran Dorland. Jakarta. Penerbit  EGSantosa, Agus

Hartanto, Huriawati, dkk. 2006. Kamus Kedokteran Dorland edisi 29. Jakarta. Penerbit Buku

Kedokteran EGC.

Davey, Patrick. 2005. At a Glance Medicine. Jakarta. Penerbit Erlangga. From: http://books.google.co.id/books?id=wzIGJflmD4gC&pg=PA111&lpg=PA111&dq=krepitasi+adalah&source=bl&ots=c1dW0yMQw3&sig=3x8QCgLhy71pojEOY-nss0J4SQE&hl=id&ei=FSaMTqfcHaOaiQf3m83mBw&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=2&sqi=2&ved=0CB4Q6AEwAQ#v=onepage&q=krepitasi%20adalah&f=false

Tabbu, Charles Rangga. 2008. Istilah-Istilah Medis Veteriner. Presentasi Kuliah Pengantar                         Tanggal 4 oktober 2011. Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Budhi, Setyo. 2011. Istilah Medik Veteriner. Presentasi Kuliah Pengantar Tanggal 5 oktober          2011. Fakultas Kedokteran Hewan UGM                                                          http://natural-veterinary.blogspot.com/2009/03/laporan-tutorial-up-6-blok-1.html/ 4 Oktober 2011, 14:02                                                                               http://drhyudi.blogspot.com/2009/07/kesmavet-definisi-ruang-lingkup-dan.html/5 oktober 2011. 15:58 http://med.unhas.ac.id/fkuhanatomi/index.php?option=com_content&view=article&id=48:bedah&catid=1:latest-news/5 Oktober 2011, 16:14

 

About thisnia

this is me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: