RSS Feed

mencoba memaknai setiap kejadian dalam perjalanan singkat ini

Posted on

JATUH CINTA (edisi remaja)

Tema kali ini adalah Jatuh Cinta

Mesti pada seneng banget ya… hayo, ngaku bae lah.. hehe

Its okay, tidak salah koq. Tapi jangan sampai salah kaprah ya.. (maksudnya?!

Sering kan tiba2 muncul deg-deg-seerr bila ketemu someone ato bila inget somebody. Mungkin juga tiba2 muncul pertanyaan di benak kita, ”koq aku jadi kepikiran dia terus sih..”

Hohoho… apakah itu yg dinamakan dengan jatuh cinta? Atau itu hanya simpati? Atau hanya pikiran2 ngawur kita saja ya???

Pada awal masa remaja hal2 seperti ini terasa aneh dan belum pernah terjadi sebelumnya. Waktu masih kecil kita mainan perang2an (cewek-cowok) biasa aja. Koq sekarang tiap kita terlalu dekat dengan lawan jenis ada hal2 aneh di hati, apalagi sampai bersentuhan dengannya. Rasanya nggak nyaman, tapi keinget terus.. gimana donk??

Tenang aja say… itu namanya kamu normal. Perlu disyukuri lho, masih ada sinyal2 pembeda lawan jenis pada diri kamu. Yang nggak normal tuh ketika ada orang yang nggak ngerasa beda saat berinteraksi dengan lawan jenis. Kalo ada cewek ama cowok (bukan muhrim) senggol2an, pukul2an, colek2, rangkulan terasa biasa aja, artinya mereka nggak normal.

Sebagai orang yang normal, harusnya kita bisa merasakan getaran yang muncul saat berinteraksi dengan lawan jenis. Getaran ini memiliki dua energi potensial. Yang satu energi potensial ”panas”, yang satu energi potensial ”sejuk”. Tinggal kita yang menentukan, getaran itu akan berubah jadi ”panas” atau jadi ”sejuk”. Bingung ya?? Sama…. (^^,)?

Begini lho sobb… saat tubuh kita bergetar mengingat si dia, atau saat keringat bercucuran mau ketemu si dia, atau saat jantung berdetak kencang membaca sms dari si dia, pasti rasanya nggak karuan banget kan?! Nah, itulah saat yang tepat kamu merubahnya menjadi energi ”sejuk”.. caranya??? Gampang, kalo kita tau rumusnya. Rumusnya adalah:

”sejuk” = S . I . PT

(boleh diingat dengan… S.I.PiTung)

S = Sadar, bahwa kamu sedang diuji keimananya. Sadar bahwa setan sedang membisiki telinga & pikiranmu untuk berbuat dosa/maksiat. Dan sadar kalo kita masih kecil, belum boleh pacaran, boleh pacaran tapi harus nikah di KUA duluan (ini prinsip wajib lho..)

I = Istighfar, meminta maaf pada ALLOH. Dan mohon perlindungan-NYA agar kita tidak terjerumus dosa/maksiat.

PT = Positive Thinking, munculkan pikiran2 positif. Misalnya, aku harus menang melawan setan, perasaan ini belum saatnya ku.umbar, aku ini temennya ALLOH bukan temennya setan, dll.

Jadi, kalo pas kita dag-dig-dug karena si doi, langsung pake rumus ini ya.. dihafalin lho, kan ujiannya tiap saat tuh.. insyaALLOH hati kita jadi tenang, sejuk, lapang, dan pikiran.pun akan ringan.. buktikan aja sendiri.. bila sakit berlanjut, hubungi dokter.. hehehe..

Jangan sampe dag-dig-dug kita memunculkan energi ”panas”. Hati-hati lho.. berbahaya, dan tidak baik untuk tubuh.. koq bisa?! Ya bisa dunk.. kan kalo kita nggak pake tu rumus, pikiran kita pasti tambah berat (puter otak bagaimana caranya berlama-lama dengan si dia). Setelah berhasil menemukan ide busuk, hati jadi tidak tenang (duh, berhasil nggak ya?), bawaannya salah tingkah.. dan setan.pun bersorak kegirangan, ”horey..aku dapat teman. Manusia yang mengikuti bisikannku, pasti nanti akan menemaniku di neraka..asyiiiiiik..” (na’udzubillaah). Hati-hati ya boss… jangan mau nemenin setan di neraka. Panas di dunia saat terik di siang hari aja kita udah nggak kuat, apalagi panasnya api neraka.. bila semua panas di dunia dikumpulkan = 1, maka panas api neraka adalah 99x.nya coy… tangan kita suruh pegang api kompor gas aja nggak kuat, masak kita mau menghancurkan tubuh sendiri di neraka.. (na’udzubillaah)

Kembali lagi, gunakan rumus itu untuk menangkal energi ”panas”.. otre… (^_^)b

Semoga kita mampu menghadapi ujian dag-dig-dug dengan nilai yang memuaskan. Dan kita bisa menjaga diri kitadari dosa & maksiat. Tenang aja… ada waktunya kamu merasakan kasih sayang dari lawan jenis, yaitu saat kamu sudah menikah. Kalo yang belum nikah udah keburu meninggal, insyaALLOH akan bertemu jodohnya di surga.NYA kelak (karena manusia diciptakan berpasang-pasangan, tidak ada yang nggak kebagian jodoh). Tapi dengan syarat, kita harus menjadi anak sholih-sholihah. Rajin sholat, rajin belajar, taat orangtua, patuh pada guru, positive thinking, suka meolong, gemar tersenyum, senang memaafkan&meminta maaf, insyaALLOH takdir baik akan menyertai kita.. dan ALLOH akan memberikan jodoh yang terbaik buat kita, di waktu yang terbaik pula. Yaitu ketika kita sudah dewasa.. sekarang kita cari ilmu yang banyak dulu ya, supaya saat dewasa nanti, kita gampang dalam menghadapi masalah. Oke.. belajar yang rajin ya… jangan lupa rumusnya.. (^_^)

ini nih…. sdkt banyak dialami remaja

 kok ak Gak  Pernah Jatuh Cinta ya?


Bukan gak pernah pacaran lho, tapi gak pernah jatuh cinta.pernah pacaran 1 kali dua kali, g berasa apa2 cm  kayak tuntutan sosial, tuntutan lingkungan, cuma biar gak dibilang cupu, cuma biar gak malu aja klo ngumpul ama temen yg bawa pacar masing2, cuma biar punya pasangan saat acara ultah temen.

Cuma kayak “masa sih yg lain pacaran sedangkan kt enggak”. (ini nih yang bikin pacaran jd ngetren di kalangan ank muda)

Pacarannya ya gitu2 doank (malsudnya???) , jadian ya jadian, putus ya putus, cari lagi ya cari lagi, dapet baru ya dapet baru cuma biar gak kelamaan jomblo.

gak pernah ngalamin kayak di film2, yg pemerannya bisa senyum2 sendiri tiap malem ngebayangin cowoknya/ce. Yang selalu kebayang wajah cowoknya/ce tiap pergi kemanapun. Yang gak bisa tidur kalau ada masalah ama cowoknya/ce. Yg kadang sampe nangis kalau putus . Yg rela nunggu bertahun2 untuk dapet cinta seseorang yg dicintainya.

Jadi  sering galau sendiri klo habis nonton film drama, (terutama sinetron, ftv atau  serial drama korea).suka bertanya2 sendiri, kok ane gak pernah kayak cerita di film itu.
Apalagi ini  dah mau ninggalin masa paling indah masa SMA katanya.
Jd nyesel banget nglewatin masa masa itu tanpa pernah ngalamin apa yg disebut indahnya jatuh cinta.

Ini kenapa ? normal gak sih? takutnya sampa kapanpun ane gak pernah jatuh cinta, n nikah cuma karna tuntutan sosial.

kayaknya ngrasa hampa banget ya.
Kayak ada kekosongan.
cuma pengen ada yg bisa dikenang saat dewasa nanti, kenangan jatuh cinta saat sekolah yg gak bisa dilupain. tapi gr2 gak dpet2 tuh, yaudah sekarang jomblo trs aja nunggu datangnya Falling in love. tp gimana ya??

menganalisis :

sejauh kt merasa normal dengan hidup kt, percayalah suatu saat pasti datang perasaan itu, justru disini proses pendewasaannya, apa cuman karena itu hidup kt jadi hampa gara2 gak pernah bener2 seruis dalam hal berhubungan. gak kan??

gak bisa dibilang gak normal, wajar2 aja lah, yang jelas selalu berfikir positif terhadap semua yang dialami dalam hidup, jangan terlalu membanding2kan dan pesimis,

mungkin belum waktunya aja blm  jatuh hati kepada seorang cowok/ce,,dimana  bener-bener ngerasa dialah segalanya buat kt,,,Ya belum ketemu orang nya ja… Tar juga ketemu

atau mungkin karena :  cowok/ce  yang  deketin gak berkembang
ngelakuin yang itu2 aja mksdnya kl ngobrol itu ituuuu trs gak nyambng nggaak nyaman bikin gerah bikin ngantukk, gak buat adegan berkorban ky gt tuh, hhm ntar pasti dapet deh…
hhmm, dr pada bohongin diri sendiri, dari luarnya aja, beuhh mantannya byk bgt. tapi semuanya cm BULLSHITT! cm buat topeng biar di bilang gaul. cara berpikir kayan gt salah besar!

Pacaran atau nggak pacaran, itu tergantung dari diri kita Tapi kl cm sekedar buat topeng mending gak usah deh. (walaupun senernya emg gak boleh sih). Kasihan juga pasangan kamu tau??!! be your self jadi diri sendiri, jgn pernah bohong ma diri sendiri..

Nyesel ma masa SMA gak ngalamin jatuh cinta. sebentar boleh sih… banyak kok yang patut dikenang ketika masa2 SMA ketika lg deket2nya, kompak2nya, sukaduka ngerjain ulangan, ribernta urusan perizinan guru2, sebelbya dimarahin gru, gila2nya ma sohib pokoknya banyak bgt deh. Yg lebih ptg diingat dr masa SMA adalah bukan pacarannya tp proses yang menjadikan diri kita menjadi lebih dewasa.

answer:

KENAPA BELUM DATANG JUGA?

Cinta bisa datang di mana aja, kapan aja dan sama siapa aja. Bisa datang di sekolah, tempat les, mall, bioskop, di mana2.  Bisa sama sohib sendiri, kakaknya sohib, temennya sohib atau mantannya sohib (ups!). Itulah cinta, selalu gak disangka2 dan gak pernah pandang bulu.

Hmm, kalau belum pernah jatuh cinta, aneh gak sih? Normal gak? Tenang, gak ada kok yg ngasih batasan kapan harusnya seseorang jatuh cinta. Jadi, kalau kita belum mau pacaran, ya normal2 aja. Masa remaja itu panjang lho, kalau belum jatuh cinta hari ini, mungkin besok atau lusa atau besoknya lagi. Semua ada waktunya, selama kita gak menutup diri, bergaullah lebih banyak, one day our prince charming will come eventually…

Kalau yg terjadi sebaliknya, malah jatuh cinta melulu, gimana? Nah, kita balik lagi ke konsep passionate love. Kenapa kita bisa jatuh cinta terus? Karena passionate love itu memang gak stabil. Hari ini kita suka, besok bisa bosen dan nyari yg lain lagi. Dun worry, semakin gede, kepribadian kita akan semakin stabil. Saat ini, kita lagi dalam proses menemukan orang yg cocok dan proses ini juga gak bisa diselesaikan dalam waktu yg singkat. Dinikmati aja… asal jangan keseringan bikin patah hati cowok atau cewek, ya!

falling in love is JATUH CINTA?

Jatuh cinta memang penuh keajaiban, bisa menyulap orang jadi berubah 180 derajat dalam sekejap. Mereka yg tadinya cuek, tiba2 bisa jadi romantis banget. Si tukang ribut bisa tiba2 jadi pendiem kalo ada di dekat ‘si dia’. Jatuh cinta juga bisa bikin kita malas makan, malas jalan2, susah tidur, maunya ngelamuunnn melulu! Hmmm…kalo dipikir2, cinta jadi mirip Jelangkung: datang gak dijemput, pulang gak diantar, diusir pun susah!

PASSIONATE or COMPASSIONATE ?

Cinta bisa berkembang menjadi passionate love dan compassionate love. Keduanya bisa dibilang beda banget. Di dalam passionate, kita mengalami jutaan emosi yg bercampur aduk, ada suka, benci, kangen, marah, cemas, segalanya deh! Sedangkan cinta yg compassionate, lebih ke arah friendship alias persahabatan atau cinta yg lebih kalem, dewasa dan gak menggebu-gebu.

Cinta masa remaja bisa dipastikan selalu passionate, inilah yg sering kita sebut jatuh cinta! Orang yg lagi ngalami cinta passionate bisa ‘berubah’ jadi seperti orang laen, bukan dirinya sendiri. Misalnya, dia yg tadinya pede abis, tiba2 jadi pemalu, pesimis atau sebaliknya. But cinta yg satu ini gak stabil karena terlalu banyaknya emosi yg muncul. Kadang2 kita kangen sama doi, but besok kita uda benci banget gara2 dia cuek sama kita.

Biasanya, cinta passionate tumbuh karena ada ketertarikan fisik. Makanya orang yg lagi jatuh cinta bisa tiba2 care banget sama penampilannya. Cinta passionate juga ditandai dengan sikap yg romantis. Coba deh, kalau lagi jatuh cinta, semua lagu tiba2 jadi ‘our song’. Bahkan hari hujan aja bisa jadi romantis. Kita jadi sering berkhayal about something romance, nonton film yg hepi ending, pokoknya yg beautiful n romance. Cinta passionate juga membuat kita suka mengkhayalkan si doi sebagai sosok yg sangat perfect

ada juga,,, ngalamin kayak di film2, yg pemerannya bisa senyum2 sendiri tiap malem ngebayangin cowoknya/ce. Yang selalu kebayang wajah cowoknya/ce tiap pergi kemanapun. Yang gak bisa tidur kalau ada masalah ama cowoknya/ce yang ditaksirnya….

hhmmm… ketika saat seperti itu dan km msh belum yakin cukup diam sambil menggu kl kamu sudah benar2 yakin akan org tersebut. Sebenernya sah2 aja jalo mau ngunggkapin perasaan.. Tapi apa iya kita langsung blak2kan. tunggu donk… Nah, ketika udah semangat 45, ternyata bertepuk sebelah tangan… hhhmm tak apa gak usah terlalu kalut. nikmati aja. ini bagian dari jatuh cinta. menjadikan diri kita menjadi lebih kuat dan dewasa….

tapi ingat nih… ttep aja pacaran itu gak dibolehin dalam islam…

jatuh cinta sih boleh tapi Pacaran?? no!

suntingan dari beberapa sumber…….

About thisnia

this is me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: